PEDOMAN PENGISIAN LEMBAR OBSERVASI
KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Petunjuk Pengisian:
1. Pengisian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran ini berdasarkan pada pelaksanaan pembelajaran yang saudara amati
2. Berilah tanda (√) pada salah satu pilihan realisasi yang tersedia untuk setiap pernyataan berikut sesuai dengan pengamatan saudara saat pembelajaran:
Realisasi : 1, 2, 3, 4 menujukkan tingkat intensitas dari penskoran dengan keterangan :
1. Kegiatan Guru
Y : melakukan (2)
T : tidak melakukan (1)
2. Aktivitas Siswa
SL : Selalu (4) jika 27 ≤ I ≤ 35 siswa
SR : Sering (3) jika 18 ≤ I ≤ 26 siswa
J : Jarang (2) jika 9 ≤ I ≤ 17 siswa
TP : Tidak Pernah (1) jika 0 ≤ I ≤ 8 siswa
Contoh : Untuk poin 1 jika ada 4 siswa yang mendengarkan penjelasan guru dengan baik maka observer harus menyontreng (√) pada kolom 1, karena 4 siswa berada dalam interfal (0 ≤ I ≤ 9) dengan nilai 1. Begitu juga dengan yang lainnya. Jadi harus benar-benar melihat aktivitas siswa.
Keterangan Skor :
No. | Jumlah Persentase | Kategori |
1 | 80,00 % ≤ μ ≤ 100 % | Sangat Tinggi |
2 | 60,00 % ≤ μ < 80,00 % | Tinggi |
3 | 40,00 % ≤ μ < 60,00 % | Sedang |
4 | 20, 00 % ≤ μ < 40,00 % | Rendah |
5 | 0 % ≤ μ < 20,00 % | Sangat Rendah |
Keterangan: μ = persentase tiap aspek
Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran
Kelas Eksperimen 1
Pertemuan :
Hari/ Tanggal :
Materi :
No | Aspek yang diamati | Realisasi | Ket | |||||
Y | T | 1 | 2 | 3 | 4 | | ||
Kegiatan Pendahuluan | ||||||||
1. | Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan berdo’a | | | | | | | |
2. | Guru menyampaikan tujuan pembelajaran | | | | | | | |
3. | Guru menyampaikan motivasi | | | | | | | |
Kegiatan Inti | ||||||||
4. | Guru membagi siswa secara berpasang-pasangan | | | | | | | |
5. | Siswa berpasangan dengan pasangan yang telah ditentukan oleh guru | | | | | | | |
6. | Guru membagikan materi kepada siswa | | | | | | | |
7. | Guru dan siswa menentukan siapa yang akan berperan sebagai pembicara pertama dan siapa yang berperan sebagi pendengar pertama | | | | | | | |
8. | Siswa yang berperan sebagai pembicara pertama menjelaskan hasil ringkasanya selengkap mungkin dengan memasukan ide-ide pokok dalam ringkasannya. | | | | | | | |
9. | Siswa yang berperan sebagai pendengar pertama menyimak /mengoreksi ide-ide pokok yang kurang lengkap | | | | | | | |
10. | Guru meminta setiap pasangan membuat 3 buah soal dan jawaban sesuai materi yang dipelajari | | | | | | | |
11. | Setiap pasangan membuat 3 soal dan jawaban. | | | | | | | |
12. | Guru menukar soal dari pasangan 1 kepasangan yang lain. | | | | | | | |
13. | Siswa mengerjakan soal dari pasangan lain yang mereka terima | | | | | | | |
14. | Guru menunjuk beberapa pasangan untuk mempresentasikan hasil jawabannya | | | | | | | |
15. | Siswa yang lainnya menanggapi hasil jawaban yang didepan kelas | | | | | | | |
16. | Guru membantu siswa menarik kesimpulan dari materi yang baru dipelajari dan memberikan umpan balik positif serta penguatan | | | | | | | |
Penutup | ||||||||
17. | Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran | | | | | | | |
18. | Guru memberitahu materi selanjutnya | | | | | | | |
19. | Siswa menyimak apa yang disampaikan guru | | | | | | | |
20. | Guru memberi hadiah kepada siswa yang berani mempresentasikan jawabannya | | | | | | | |
21. | Menutup pelajaran dengan salam dan berdo’ | | | | | | | |
Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran
Kelas Eksperimen 2
Pertemuan :
Hari/ Tanggal :
Materi :
Nama guru :
No | Aspek yang diamati | Realisasi | Ket | |||||
Y | T | 1 | 2 | 3 | 4 | | ||
Kegiatan Pendahuluan | ||||||||
1 | Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan berdo’a | | | | | | | |
2 | Guru menyampaikan tujuan pembelajaran | | | | | | | |
3 | Guru menyampaikan motivasi | | | | | | | |
Kegiatan Inti | ||||||||
4 | Guru membagi siswa secara berpasang-pasangan | | | | | | | |
5 | Guru membagikan materi kepada siswa | | | | | | | |
6 | Guru dan siswa menentukan siapa yang akan berperan sebagai pembicara pertama dan siapa yang berperan sebagi pendengar pertama | | | | | | | |
7 | Siswa yang berperan sebagai pembicara pertama menjelaskan hasil ringkasanya selengkap mungkin dengan memasukan ide-ide pokok dalam ringkasannya. | | | | | | | |
8 | Siswa yang berperan sebagai pendengar pertama menyimak /mengoreksi ide-ide pokok yang kurang lengkap | | | | | | | |
9 | Setiap pasangan mengerjakan tugas yang ada pada LKS. | | | | | | | |
10 | Guru menunjuk secara acak beberapa pasangan untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan pasangannya. | | | | | | | |
11 | Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan siswa lain menanggapi. | | | | | | | |
12 | Guru membantu siswa menarik kesimpulan dari materi yang baru dipelajari dan memberikan umpan balik positif serta penguatan | | | | | | | |
Penutup | ||||||||
13 | Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran | | | | | | | |
14 | Guru memberitahu materi selanjutnya | | | | | | | |
15 | Siswa menyimak apa yang disampaikan guru | | | | | | | |
16 | Guru memberi hadiah kepada siswa yang berani mempresentasikan jawabannya | | | | | | | |
17 | Guru menutup pelajaran dengan salam dan berdo’a | | | | | | | |
Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran
Kelas Kontrol
Pertemuan :
Hari/ Tanggal:
Materi :
Nama guru :
No | Aspek yang diamati | Realisasi | Ket | |||||
Y | T | 1 | 2 | 3 | 4 | | ||
Kegiatan Pendahuluan | ||||||||
1. | Guru memulai pelajaran dengan salam dan berdo’a | | | | | | | |
2. 3 | Guru menyampaikan tujuan pembelajaran | | | | | | | |
3. . | Guru menyampaikan motivasi | | | | | | | |
4. . | Siswa memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru | | | | | | | |
Kegiatan Inti | ||||||||
5. | Guru menjelaskan materi | | | | | | | |
6. | Siswa memperhatikan guru | | | | | | | |
7. | Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas | | | | | | | |
8. | Siswa mengajukan pertanyaan apabila belum paham dengan materi yang disampaikan guru | | | | | | | |
9. | Guru membagi siswa dalam kelompok (4 atau 5 siswa) | | | | | | | |
10. | Siswa bergabung dengan tim/anggota kelompok | | | | | | | |
11. | Guru memberikan soal yang berupa lembar kerja siswa | | | | | | | |
12. | Siswa mendiskusikan LKS yang diberikan guru bersama anggota kelompok | | | | | | | |
13. | Guru membimbing siswa dalam berdiskusi | | | | | | | |
14. | Guru meminta beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaan | | | | | | | |
15. | Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan siswa lain menanggapi | | | | | | | |
16. | Guru membantu siswa menarik kesimpulan dari materi yang baru dipelajari dan memberikan umpan balik positif serta penguatan | | | | | | | |
Penutup | ||||||||
17. | Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran | | | | | | | |
18. | Guru memberitahu materi selanjutnya | | | | | | | |
19. | Siswa menyimak apa yang disampaikan guru | | | | | | | |
20. | Guru menutup pelajaran dengan salam dan ber do’a | | | | | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar